Senin, 22 Agustus 2016

Hasil jajak pendapat kota yang cocok sebagai Ibukota RI

Silahkan di buat bahan obrolan di warung  tegal, tentang respon  perpindahan Ibukota Negara Jakarta ke Kota lainnya.

Jakarta – Warga DKI Jakarta ternyata memilih ibu kota negara dipindahkan ke Yogyakarta. Hal ini terlihat dari hasil survei yang dilakukan Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (Kedai KOPI) terhadap 250 responden.

Hasil survei menunjukkan 28,4 persen responden menyatakan Yogyakarta sebagai kota yang paling cocok menjadi ibu kota negara menggantikan Jakarta. Daerah lain yang menjadi pilihan adalah Palangkaraya (21,6 persen), dan Bogor (20,8 persen), dan Bukittinggi (15,6 persen).

Juru bicara Kedai KOPI, Hendri Satrio, mengatakan usulan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke lokasi lain telah didiskusikan sejak masa Presiden Sukarno. Pada 2010, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pernah menyatakan dukungannya membuat pusat politik baru yang terpisah dengan pusat ekonomi.

Masalah lingkungan dan penduduk yang terlalu padat di Jakarta tak lagi bisa menunjang pemerintahan. "Beberapa negara dapat menjadi rujukan, seperti Brasil, yang memindahkan ibu kotanya dari Rio de Janeiro ke Brasilia, dan Malaysia yang memusatkan pemerintahan federalnya ke Putrajaya," ujar Hendri, Ahad, 7 Juni 2015.

Survei ini dilakukan terhadap 250 responden di kawasan bisnis di Sudirman, Thamrin, dan Kuningan pada 26 Mei-3 Juni 2015. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan wawancara tatap muka dan kuesioner

--
Posting dari kumpulan ebook gratis di Geneo-Ebook.core

Tidak ada komentar: